Pembelajaran Reflektif: Seni Berpikir Kritis, Analitis, dan Kreatif

Rais, Muhammad and Aryani, Farida (2019) Pembelajaran Reflektif: Seni Berpikir Kritis, Analitis, dan Kreatif. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar. ISBN 978-602-5554-94-0 (In Press)

[img]
Preview
Text
Pembelajaran Reflektif.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Image
kritis-belakang.jpg

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Image
kritis-depan.jpg

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Peer reviewer (Farida Aryani)
peer reviewer buku Pembelajaran Reflektif.pdf

Download (951kB)

Abstract

Konsep berpikir reflektif merupakan proses berpikir mental yang menuntut kesadaran metakognitif dalam merestrukturisasi sikap, pikiran, dan tindakan menjadi satu kesatuan yang harmonis. Menjadikan pengalamana masa lalu sebagai input positif dalam merekonstruksi tindakan masa depan. Menerapkan pembelajarn reflektif dalam kehidupan khususnya dunia akademik adalah mudah untuk dilakukan. Keberadaannya menjadi suplemen dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dapat pula lepas sendiri sebagai suatu model belajar yang akan membelajarkan pola-pola kehidupan mahasiswa khususnya mahasiswa baru yang akan beradaptasi dengan suasana dan budaya akademik. Siklus reflektif yang terdiri dari: (1) pengenalan konteks, (2) penyajian pengalaman, (3) refleksi, (4) aksi, dan (5) evaluasi, menyajikan skenario berbentuk lingkarang yang saling mengait. Buku ini merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dengan menerapkan model belajar reflektif bagi mahasiswa baru. Sebagai model belajar, keberadaannya memberi referensi bagi mahasiswa dalam menapaki langkah kaki di bangku kuliah. Buku ini menjadi penuntun belajar bagi mahasiswa baru bagaimana hidup harmonis dengan lingkungan. Kajian utama dalam buku ini adalah mencakup lima hal, yaitu: 1) ) membangun rasa kepedulian, 2) menumbuhkan sikap belajar positif, 3) membangun etika pergaulan kampus harmoni, 4) mengenal berbagai potensi konflik dan sikap tanggap, dan 5) membangun ketahanan sikap melalui potensi IQ, EQ, dan SQ. Keseluruhan isi materi tidak diajarkan tapi ditunjukkan dan dipraktekkan sebagai suatu model bersosialisasi dalam kampus.

Item Type: Book
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Hartoto Hartoto
Date Deposited: 02 Sep 2019 12:18
Last Modified: 02 Sep 2022 05:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14783

Actions (login required)

View Item View Item