Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika (PTK peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep)

YASIN, JURRAHMAH AB (2013) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika (PTK peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yasim, Jurraham.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK JURRAHMAH AB YASIN. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika (PTK peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep) (dibimbing oleh H. Muh. Sidin Ali dan H. Muris) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, minat dan hasil belajar fisika melalui pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep kelas XI TKJ1. Analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar angket minat dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, pada siklus I aktivitas belajar peserta didik sebesar 60,50% dan minat belajar peserta didik sebesar 54,46%, pada siklus II aktivitas belajar peserta didik meninggkat menjadi 71,05% dan minat belajar peserta didik meningkat menjadi 63,94%, sedangkan pada siklus III aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadin 79,34% dan minat belajar peserta didik meningkat menjadi 76,31%. Begitu pula dengan hasil belajar fisika peserta didik mengalami peningkatan yakni rata-rata nilai peserta didik pada siklus I sebesar 66, siklus II sebesar 75 dan siklus III sebesar 83. Berdasarkan data tersebut, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pengajaran dan pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran telah berlangsung sesuai yang diharapkan dan dapat meningkatkan aktivitas belajar, minat belajar dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI TKJ1¬ SMK Negeri 1 Bungoro Pangkep. ABSTRACT JURRAHMAH AB YASIN. 2013. The Implementation of Problem-Based Learning Model to Improve Interest and physics Learning Outcomes (A Classroom Action Research on Grade XI Students of TKJ1 at SMKN 1 Bungoro Pangkep)(Supervised by Muh. Sidin Ali and Muris). The study is a classroom action research which consists of the planning, the action, observation, and reflection. Action is conducted to improve learning activity, interest, and physics learning outcomes through teaching and learning of problem-based learning model conducted in three cycles. The study was conducted at SMKN 1 Bungoro in Pangkep to grade XI of TKJ1. The data were analyzed qualitatively supported by quantitative analysis by counting the average of the class, individual learning mastery, and classical learning mastery. Data were collected using observation sheet of students’ activity, questionnaire of interest and physics test of learning outcomes. The result reveal that the students’ activity is 80.50% and students’ learning interest is 54.46% at cycle I; whereas, students’ activity improves to 71.50% and students’ learning interest improves 63.94% at cycle II, and at cycle III students’ activity improves to 79.34% and students’ learning interest improves 76.31%. The improvement shows as well in physics learning outcomes that the mean score of students at cycle is 66, 75 at cycle II, and 83 at cycle III. The conclusions based on those data are the implementation of problem-based learning model in learning procces has been conducted as expected and is able to improve learning activity, learning interest, and physics learning outcomes of grade XI students of TKJ1 at SMKN 1 Bungoro Pangkep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:26
Last Modified: 05 Dec 2016 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item