Dampak Experiential Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Saud, Syukur and saleh, nurming and Asnur, Muhammad Nur Ashar (2018) Dampak Experiential Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa di Perguruan Tinggi. In: Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke-57 ""Pendidikan, Budaya, Literasi dan intuisi kreatif: Upaya Membangun Generasi Cerdas Berkepribadian Unggul"., 9 Juli 2018, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Dampak experiential learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional - Dampak Experiental Learning dalam Pembelajaran....pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa asing merupakan salah satu tolak ukur terpenting dalam penguasaan Bahasa. Seseorang dapat dikatakan mampu berbahasa asing apabila mereka telah terampil berbicara Bahasa asing dengan baik. Dengan demikian aspek keterampilan berbicara sangat penting untuk diinvestigasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak proses pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman sebagai bahasa asing pada mahasiswa di perguruan tinggi melalui experiential learning sebagai solusi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui studi lapangan di Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra UNM. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tesebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential learning merupakan sebuah model yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Jerman sebagai asing. Konsep pelaksanaan yang menerapkan concrete experience, reflective observation, abstract conceptualization dan active experimentation memberikan pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pembelajaran, mahasiswa memiliki motivasi mengikuti pembelajaran. Dampak positif lainnya adalah rasa percaya diri tumbuh dalam diri mahasiswa dan proses pembelajaran ini memberikan pengalaman baru yang berkesan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:08
Last Modified: 07 Oct 2019 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14727

Actions (login required)

View Item View Item