KONTINUITAS POLA PEWARISAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENENUN KAIN SUTERA (STUDI KASUS PADA PEREMPUAN PENGRAJIN KAIN SUTERA DI KABUPATEN WAJO)

JOHARIA, SITTI (2019) KONTINUITAS POLA PEWARISAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENENUN KAIN SUTERA (STUDI KASUS PADA PEREMPUAN PENGRAJIN KAIN SUTERA DI KABUPATEN WAJO). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI SITTI JOHARIA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pengrajin tenun kain sutera. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probabilty sampling yang digunakan adalah ccidental sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analaisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kontinuitas pola pewarisan pengetahuan dan keterampilan menenun kain sutera pada perempuan pengrajin kain sutera di Kabupaten Wajo. Keahlian menenun kain sutera bukanlah sesuatu yang didapat begitu saja tetapi merupakan sesuatu yang harus dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keahlian menenun kain sutera ini hingga sekarang masih bertahan pada masyarakat Kabupaten Wajo. Transfer pengetahuan dan keterampilan seni menenun kain sutera ini dalam prosesnya memerlukan pembelajaran yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga seseorang menguasai keterampilan tersebut. Kata Kunci: Konsep Pengetahuan, Konsep Transfer Pengetahuan, Keterampilan, dan Tenun Kain Sutera

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:35
Last Modified: 28 Aug 2019 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item