KONTRIBUSI KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GOWA

FITRI, NUR (2019) KONTRIBUSI KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NUR FITRI, 2019. KONTRIBUSI KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 GOWA. Skripsi jurusan Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak Irfan dan Bapak Ahmad Adil. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan tentang Kontribusi Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang ada di sekolah SMA Negeri 2 Gowa. Sampel yang digunakan berjumlah 70 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan Instrumen yang digunakan adalah 1) Angket dan 2) Dokumentasi. Dalam penlitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif, karena penulis akan menjelaskan/mendeskripsikan hubungan/kontribusi, pengaruh satu variabel dengan variabel lain. Dalam kaitannya dengan penelitian ini, penulis tertarik untuk meneliti tentang Kontribusi Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gowa. Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis statistik menunjukkan bahwa: (1)Kepribadian koleris memilki kontribusi yang positif terhadap hasil belajar penjas karena nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.002 lebih kecil dari probabilitas 0.05 (0.002<0.05) dengan nilai Thitung sebesar 3,178 > Ttabel (1,997), maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Kepribadian sanguinis memilki kontribusi yang negatif terhadap hasil belajar penjas karena nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.004 lebih kecil dari probabilitas 0.05 (0.004<0.05) dengan nilai Thitung sebesar (-3,027) > Ttabel (1,997), maka H0 ditolak dan H1 diterima. (3) Kepribadian phlegmatis memilki kontribusi yang negatif terhadap hasil belajar penjas karena nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.006 lebih kecil dari probabilitas 0.05 (0.006<0.05) dengan nilai Thitung sebesar -2,836 > Ttabel (1,997), maka H0 ditolak dan H1 diterima. (4) Kepribadian melankolis memilki kontribusi yang positif terhadap hasil belajar penjas karena nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 lebih kecil dari probabilitas 0.05 (0.000 < 0.05) dengan nilai Thitung sebesar 5,160 > Ttabel (1,997), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Kepribadian, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:22
Last Modified: 26 Aug 2019 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item