PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 SATAP SALENRANG MAROS

Andiani, Finta (2019) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 28 SATAP SALENRANG MAROS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Finta Andiani.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK , 2019 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Satap Salenrang sebelum menggunakan metode demonstrasi; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Satap Salenrang setelah menggunakan metode demonstrasi; (3) mendeskripsikan pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Satap Salenrang Maros. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang dirancang secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Satap Salenrang Maros yang berjumlah 50 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengn teknik sampel acak Kelas (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes tertulis yakni menulis teks prosedur kompleks. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa sebelum menerapkan metode demonstrasi berada pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 58. Kemampuann menulis teks prosedur kompleks siswa setelah menerapkan metode demonstrasi dikategorikan cukup mampu dengan nilai rata-rata 74. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 0,05 sehingga hipotesis alternatif ( H1 ) diterima dan menolak hipotesis nol ( ). Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa Kelas VII SMP Negeri 28 Satap Salenrang Maros. H0 Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Menulis, Teks Prosedur Kompleks

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:14
Last Modified: 23 Aug 2019 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14651

Actions (login required)

View Item View Item