Pengaruh pemanfaatan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 36 Parepare

UMRIANI, UMRIANI (2015) Pengaruh pemanfaatan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 36 Parepare. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
UMRIANI.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK UMRIANI, 2015. Pengaruh pemanfaatan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 36 Parepare (dibimbing oleh ketua komisi penasehat Ismail Tolla dan anggota komisi penasehat Mustafa) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual animasi dikelas II SDN 36 Parepare, mengetahui gambaran hasil belajar IPA sebelum dan setelah mengikuti media pembelajaran audio visual animasi dikelas II SDN 36 Parepare, serta mengidentifikasi pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audio visual animasi terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas II SDN 36 Parepare. Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan sendiri oleh peneliti. Penentuan subjek penelitian berdasarkan hasil pengumpulan data hasil belajar IPA di SDN 36 Parepare, siswa kelas II berada pada kategori hasil belajar rendah yaitu dibawah nilai standar BSNP ≤ 50. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen True Experiment Design dengan desain pre-tes post-tes control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar dan variabel bebasnya adalah pemanfaatan media audio visual animasi. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrument pengumpulan data berupa tes hasil belajar 20 soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji t Independent dengan bantuan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media audio visual animasi dalam pembelajaran IPA dengan tahapan pembelajaran, tahap pelaksanaan / penyajian yang berada pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan tahap aktivitas lanjutan, kemudian tindak lanjut / evaluasi berada pada kegiatan akhir berlangsung dengan cukup baik. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sebelum memanfaatkan media audio visual animasi umumnya berada pada kategori sangat rendah, baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol. Setelah memanfaatkan media audio visual animasi pada kelas eksperimen hasil belajar meningkat berada pada kategori sangat tinggi dan pada kelas kontrol yang pembelajarannya tidak memanfaatkan media audio visual animasi umumnya hasil belajar pada kategori sedang. Maka pemanfaatan media audio visual animasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 36 parepare karena hasil belajar IPA pada siswa yang diajar dengan memanfaatkan media audio visual animasi lebih baik daripada yang diajar tanpa media audio visual animasi. ABSTRACT UMRIANI, 2015. The effect of the utilization Media Audio Visual Animation toward the Outcomes Students of Science Class (IPA) Class II SDN 36 Parepare (Supervised by the advisory commission chairman Ismail Tolla and advisory committee member Mustafa) This study aims to describe the use of learning by using audio-visual media animation class II SDN 36 ParePare, find out the description of learning outcomes science class (IPA) before and after participating in the learning audio-visual media animation class II SDN 36 Parepare, and identify the effect of the use of audio-visual animation instructional media to increase learning outcomes of science class (IPA) students of class II SDN 36 Parepare. Experimental class and control class is determined by the investigators. Determination the subject of research based on the results of data collection Science learning outcomes in SDN 36 Parepare, second grade students are in the category of low learning outcomes that is below the standard value BSNP ≤ 50. This type of research is an experimental study of True Experiment Design with pre-test post-test control group design. The dependent variable in this study is the result of learning and the independent variable is the use of audio-visual media animation. To know the results of this study, researchers used data collecting instrument achievement test 20 multiple choice questions and observation sheets for teachers and students. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis with Independent t test with SPSS version 21.0. The results showed the use of audio-visual media animation in science class (IPA) with the learning stage, the stage of implementation / presentation that are at the start of activities, the core activities, and the advanced stage of activity, then the follow-up / evaluation is at the end of the activity takes place quite well. Student learning outcomes in science class (IPA) before utilizing the audio-visual media is in the category of animation generally very low, both in the experimental group and the control group. After utilizing the audiovisual media of animation in the experimental class learning outcomes increase in the category were very high and the control class that learning did not take advantage of audio-visual media in general animated learning outcomes in the medium category. The use of audio-visual media animated had positive effect on student learning toward the outcomes of students class II SDN 36 Parepare, because the result of science subject in students who are taught by using audio-visual media animation is better than that taught without audiovisual media animation.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:59
Last Modified: 05 Dec 2016 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item