KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MURID SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KABUPATEN GOWA

Tandingan, Serajuddin (2019) KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DAN PANJANG LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MURID SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Serajuddin Tandingan, 2019. Kontribusi kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan panjang lengan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ”korelasional”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui; (1) Apakah ada kontribusi kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (2) Apakah ada kontribusi koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (3) Apakah ada kontribusi panjang lengan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (4) Apakah ada kontribusi kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan panjang lengan secara bersama-sama terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. Populasinya adalah keseluruhan murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pearson product moment (r), dan hasil analisis korelasi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,516 (Pvalue ˂ α 0,05) dengan persentase sebesar 51,60%; (2) Ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,511 (Pvalue ˂ α 0,05) dengan persentase sebesar 51,10%; (3) Ada kontribusi yang signifikan antara panjang lengan terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,509 (Pvalue ˂ α 0,05) dengan persentase sebesar 50,90%; (4) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan panjang lengan secara bersamasama terhadap kemampuan servis bawah pada permainan bola voli murid Murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. dengan nilai Rhitung sebesar 0,741 (Pvalue ˂ α 0,05) dengan persentase sebesar 74,10%; dan nilai Fhitung (F) sebesar 24,843.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:10
Last Modified: 14 Aug 2019 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14568

Actions (login required)

View Item View Item