Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Materi Bioteknologi Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Makassar

Nurkhalisha, Nurkhalisha 1) (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Materi Bioteknologi Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Indonesia.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi Bioteknologi siswa kelas XII SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 9 Makassar yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel acak. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XII MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XII MIA 2 sebagai kelompok kontrol. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal uraian dan pilihan ganda. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan melalui soal uraian sementara data hasil belajar dikumpulkan melalui soal pilihan ganda yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar sedangkan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan analisis kovarian. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansi antara model PBL dan kemampuan pemecahan masalah adalah 0,000 (α < 0,05) dan nilai signifikansi hubungan antara model PBL dan hasil belajar adalah 0,000 (α < 0,05). Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam pembelajaran memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar materi Bioteknologi siswa kelas XII SMA Negeri 9 Makassar. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:15
Last Modified: 09 Aug 2019 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item