Alauddin, Anas (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JURNAL SKRIPSI ANAS ALAUDDIN.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan meningkatkan prestasi belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin siswa kelas x Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 10 Makassar dengan penerapan Model pembelajaran Kooperatif Talking Stick. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 10 Makassar pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Pada siklus I dilaksanakan selama empat kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama empat kali pertemuan pengumpulan data prestasi hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes akhir hasil belajar pada siklus I dan tes hasil belajar pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif dari prestasi hasil belajar siswa Dasar Perancangan Teknik Mesin menunjukkan bahwa skor rata – rata siswa pada siklus I sebesar 69,48 sedangkan pada siklus II sebesar 84,34 terjadi peningkatan jika dibandingkan pada siklus I. Hasil analisis kualitatif menunjukkan terjadinya peningkatan tingkat kehadiran siswa begitu pun pada saat guru menjelaskan siswa yang memperhatikan telah mengalami peningkatan selama proses pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin dengan model pembelajaran Kooperatif Talking Stick. Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Talking stick
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 07:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 07:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14272 |
Actions (login required)
View Item |