Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Fitriah, Fitriah (2019) Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektif tidaknya pengecoh soal buatan guru Mata Pelajaran Matematika tingkat SD Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Data penelitian ini berupa: tahapan pembuatan soal, kisi-kisi soal semester, kartu soal, soal semester dan lembaran hasil jawaban siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang mengungkap kualitas soal dilakukan penelaan oleh pakar, dan analisis secara empirik berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas butir berdasarkan validitas isi dengan koefisien Gregory = 0,87>0,75, maka disimpulkan bahwa hasil evaluasi antar pakar memiliki relevansi yang kuat; (2) berdasarkan validitas kriteria, butir yang valid 56,7% (17 butir); (3) kualitas butir berdasarkan reliabilitas, memiliki koefisien reliabilitas yang rendah yaitu 0.667%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir yang memiliki daya pembeda buruk/jelek = 2 butir atau 6,7%, kurang baik = 4 butir atau 13,3%, baik= 7 butir atau 23,3%, dan sangat baik= 17 butir atau 56,7%; (5) Kualitas butir berdasarkan tingkat kesukaran, 56,7% (17) butir yang tergolong sukar, dan 43,3% (13) butir tergolong sedang; (6) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 4 butir yang memiliki pengecoh tidak berfungsi. Kata Kunci : Analisis Kualitas Soal Semester, dan Teori Klasik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektif tidaknya pengecoh soal buatan guru Mata Pelajaran Matematika tingkat SD Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Data penelitian ini berupa: tahapan pembuatan soal, kisi-kisi soal semester, kartu soal, soal semester dan lembaran hasil jawaban siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang mengungkap kualitas soal dilakukan penelaan oleh pakar, dan analisis secara empirik berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas butir berdasarkan validitas isi dengan koefisien Gregory = 0,87>0,75, maka disimpulkan bahwa hasil evaluasi antar pakar memiliki relevansi yang kuat; (2) berdasarkan validitas kriteria, butir yang valid 56,7% (17 butir); (3) kualitas butir berdasarkan reliabilitas, memiliki koefisien reliabilitas yang rendah yaitu 0.667%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir yang memiliki daya pembeda buruk/jelek = 2 butir atau 6,7%, kurang baik = 4 butir atau 13,3%, baik= 7 butir atau 23,3%, dan sangat baik= 17 butir atau 56,7%; (5) Kualitas butir berdasarkan tingkat kesukaran, 56,7% (17) butir yang tergolong sukar, dan 43,3% (13) butir tergolong sedang; (6) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 4 butir yang memiliki pengecoh tidak berfungsi. Kata Kunci : Analisis Kualitas Soal Semester, dan Teori Klasik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektif tidaknya pengecoh soal buatan guru Mata Pelajaran Matematika tingkat SD Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Data penelitian ini berupa: tahapan pembuatan soal, kisi-kisi soal semester, kartu soal, soal semester dan lembaran hasil jawaban siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang mengungkap kualitas soal dilakukan penelaan oleh pakar, dan analisis secara empirik berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas butir berdasarkan validitas isi dengan koefisien Gregory = 0,87>0,75, maka disimpulkan bahwa hasil evaluasi antar pakar memiliki relevansi yang kuat; (2) berdasarkan validitas kriteria, butir yang valid 56,7% (17 butir); (3) kualitas butir berdasarkan reliabilitas, memiliki koefisien reliabilitas yang rendah yaitu 0.667%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir yang memiliki daya pembeda buruk/jelek = 2 butir atau 6,7%, kurang baik = 4 butir atau 13,3%, baik= 7 butir atau 23,3%, dan sangat baik= 17 butir atau 56,7%; (5) Kualitas butir berdasarkan tingkat kesukaran, 56,7% (17) butir yang tergolong sukar, dan 43,3% (13) butir tergolong sedang; (6) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 4 butir yang memiliki pengecoh tidak berfungsi. Kata Kunci : Analisis Kualitas Soal Semester, dan Teori Klasik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan semester ganjil yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektif tidaknya pengecoh soal buatan guru Mata Pelajaran Matematika tingkat SD Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Data penelitian ini berupa: tahapan pembuatan soal, kisi-kisi soal semester, kartu soal, soal semester dan lembaran hasil jawaban siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang mengungkap kualitas soal dilakukan penelaan oleh pakar, dan analisis secara empirik berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas butir berdasarkan validitas isi dengan koefisien Gregory = 0,87>0,75, maka disimpulkan bahwa hasil evaluasi antar pakar memiliki relevansi yang kuat; (2) berdasarkan validitas kriteria, butir yang valid 56,7% (17 butir); (3) kualitas butir berdasarkan reliabilitas, memiliki koefisien reliabilitas yang rendah yaitu 0.667%; (4) Kualitas soal berdasarkan daya pembeda, butir yang memiliki daya pembeda buruk/jelek = 2 butir atau 6,7%, kurang baik = 4 butir atau 13,3%, baik= 7 butir atau 23,3%, dan sangat baik= 17 butir atau 56,7%; (5) Kualitas butir berdasarkan tingkat kesukaran, 56,7% (17) butir yang tergolong sukar, dan 43,3% (13) butir tergolong sedang; (6) Kualitas soal berdasarkan analisis efektivitas pengecoh, terdapat 4 butir yang memiliki pengecoh tidak berfungsi. Kata Kunci : Analisis Kualitas Soal Semester, dan Teori Klasik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:03
Last Modified: 25 Jul 2019 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item