PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IIS DI SMA NEGERI 1 BARRU

Eviana, Eviana (2019) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IIS DI SMA NEGERI 1 BARRU. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Eviana_1592041025_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap sikap siswa pada pembelajaran akuntansi kelas XII IIS di SMA Negeri 1 Barru. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian guru sebagai variabel bebas pertama, kompetensi sosial guru sebagai variabel bebas kedua dan sikap siswa sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas XII IIS di SMA Negeri 1 Barru. yang terdiri dari 140 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa dengan tingkat signifikan <0,05 dan kompetensi sosial guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sikap siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,460 (46%). Hal ini berarti bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru terhadap sikap siswa adalah sebesar 46% sedangkan sisanya 54% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta kompetensi sosial guru dominan berpengaruh terhadap sikap siswa dengan koefisien determinasi 0,388 atau 38,8 %. Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Kompetensi Sosial Guru, Sikap Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:38
Last Modified: 22 Jul 2019 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item