PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA SMA NEGERI 3 POLEWALI

BARLAN, ANDI RIDHAYANI (2019) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA SMA NEGERI 3 POLEWALI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL_ANDI RIDHAYANI BARLAN_1492040008_PEND AKUNTANSI.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANDI RIDHAYANI BARLAN. 2019. Pengaruh Kewibawaan Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa kelas XII IPS pada SMA Negeri 3 Polewali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Samsinar, S.Pd., SE., M.Si., Ak., CA dan Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap disiplin belajar siswa kelas XII IPS pada SMA Negeri 3 Polewali. Variabel dalam penelitian ini adalah kewibawaan guru sebagai variabel bebas dan disiplin belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 3 Polewali yang terdiri dari 160 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 62 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, regresi linier sederhana, product moment dan uji t dengan menggunakan program SPSS 24.0 for windows Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linier sederhana Y = 15,729 + 0,827X yang berarti kewibawaan guru berpengaruh positif terhadap disiplin belajar siswa yang mana tiap penambahan 1 nilai kewibawaan guru maka nilai disiplin belajar siswa bertambah 0,827. Dari hasil analisis product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) r = 0,520 yang berada pada interval 0,40 – 0,599 memiliki hubungan yang sedang antara kewibawaan guru terhadap disiplin belajar siswa, pada uji-t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti kewibawaan guru berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa,dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci : Kewibawaan Guru, Disiplin Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jul 2019 01:51
Last Modified: 22 Jul 2019 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item