ANALISIS PENGELOLAAN LIMBAH BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KECAMATAN MAMAJANG DAN KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

Halifa, Jusno (2019) ANALISIS PENGELOLAAN LIMBAH BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI KECAMATAN MAMAJANG DAN KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Jusno Halifa FT UNM.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan mekanik, sikap mekanik, serta pola pengelolaan limbah bengkel kendaraan bermotor roda dua di Kecamatan Mamajang dan Bontoala Kota Makassar. Penelitian ini menggunaan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian selain dilakukan observasi, angket dan tes diberikan kepada salah satu mekanik di tiap bengkel umum kendaraan bermotor roda dua di Kecamatan Mamajang dan Bontoala Kota Makassar. Hasil penelitian berdasarkan analisis menunjukan bahwa mekanik bengkel kendaraan bermotor roda dua di Kecamatan Mamajang dan Bontoala cenderung memiliki pengetahuan berada pada kategori cukup yaitu, Kecamatan Mamajang sebesar (64%) dan Kecamatan Bontola sebesar (60%). Kemudian sikap mekanik cenderung berada pada kategori sedang yaitu Kecamatan Mamajang sebesar (82,2%) dan Kecamatan Bontoala sebesar (85%). Selanjutnya kecenderungan kondisi perilaku pengelolaan limbah padat di Kecamatan Mamajang yaitu; tidak melakukan proses reduksi sebesar (88%), tidak melakukan proses pengumpulan sebesar (72%), melakukan proses pemilahan sebesar (60%), dan tidak melakukan proses pemanfaatan sebesar (72%). Kemudian pada Kecamatan Bontoala cenderung; tidak melakukan proses reduksi sebesar (90%), melakukan proses pengumpulan sebesar (55%), tidak melakukan proses pemilahan sebesar (70%), dan tidak melakukan proses pemanfaatan sebesar (75%). Selanjutnya kecenderungan perilaku pengelolaan limbah cair di Kecamatan Mamajang dan Bontoala untuk proses reduksi tidak dilakukan, seluruh mekanik baik di Kecamatan Mamajang maupun Bontoala melakukan proses pengumpulan, proses pemilahan limbah cair pada bengkel Kecamatan Mamajang cenderung dilakukan sebanyak 88% dan pada Kecamatan Bontoala juga cenderung dilakukan sebanyak 70%. Kemudian proses pemanfaatan baik di Kecamatan Mamajang maupun Botoala cenderung tidak dilakukan. Sementara itu proses pengelolaan limbah gas baik di Kecamatan Mamajang maupun Bontoala tidak dilakukan. Kata kunci: Pengelolaan Limbah, Bengkel, Kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:06
Last Modified: 11 Jul 2019 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item