SISTEM KODE DALAM REPRESENTASI NASIONALISME PADA NOVEL 3 SRIKANDI KARYA NADIA SILVARANI SUATU TINJAUAN (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Mahfud, Mahfud (2019) SISTEM KODE DALAM REPRESENTASI NASIONALISME PADA NOVEL 3 SRIKANDI KARYA NADIA SILVARANI SUATU TINJAUAN (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mahfud. 2019. “Sistem Kode dalam Representasi Nasionalisme pada Novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani (Kajian Semiotika Roland Barthes)”. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Prof. Dr. Anshari, M.Hum dan Dr. Juanda, M.Hum ). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan (1) representasi rasionalisme pada novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani; (2) sistem kode pada representasi nasionalisme dalam novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel 3 Srikandi Karya Nadia Silvarani yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, di Jakarta tahun 2016, yang menjadi data dalam penelitian ini adalah pernyataan atau kalimat yang ada dalam teks novel 3 Srikandi Karya Nadia Silvarani yang mendeskripsikan representasi nasionalisme dan sistem kode yang terdapat dalam representasi nasionalisme. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan gagasan serta pengetahuan tentang kajian penelitian dengan teknik kepustakaan, yaitu peneliti mengidentifikasi, memahami, dan mengklasifikasikan representasi nasionalisme terlebih dahulu, kemudian mengidentifikasi dan mengklasifikasi sistem kode berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani menggambarkan sikap nasionalisme, (2) sistem kode semiotika Roland Barthes, yang terdiri dari: kode proaretik, kode semik, kode gnonik, kode simbolik, tidak semuanya terdapat dalam representasi nasionalisme pada novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani. Novel 3 Srikandi karya Nadia Silvarani ini mengungkapkan bahwa terdapat begitu banyak kode-kode selain kode hermeneutik, yaitu sistem yang memungkinkan entitas-entitas tertentu sebagai tanda-tanda atau sebagai sesuatu yang bermakna. Dengan menggunakan sistem kode Roland Barthes maka beberapa sistem tersebut pada akhirnya mampu memberikan sumbangsih dalam mengungkap makna lebih dalam dari representasi nasionalisme dalam novel tersebut Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes, Sistem Kode, Nasionalisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:57
Last Modified: 11 Jul 2019 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14079

Actions (login required)

View Item View Item