EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMEN) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XDI MAN 1 KOTA TERNATE

MONIGI, CHYNTIA (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAIMEDIA PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMEN) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XDI MAN 1 KOTA TERNATE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CHYNTIA MONIGI. 2019. Efektivita Penggunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X MAN 1 Kota Ternate. Bimbingan; (Maddatuang dan Amal) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah di belajarkan menggunakan media monopoli geografi serta efektivitas penggunaan permainan monopoli sebagai media pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar Geografi peserta didik kelas X di MAN 1 Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen yang digunakan untuk mencari efektivitas perlakuan tertentu pada kondisi yang telah terkendali. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan pretest-posttet Control Group Desain Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan kelas X IS- 1 sebagai kelas eksperimen kelas yang dibeljarkan menggunakan permainan monopoli dan kelas X IS-2 sebagai kelas Kontrol yang dibelajarkan menggunakan media power point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media permainan monopoli geofrafi adalah 75,87 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan medi power point a dalah 69,47. Setelah dilakukan perhitungan uji t-test pada hasil posttest kedua kelas tersebut, didapatkan nilai signifikansi (0,002 < 0,05), pada taraf signifikansi 95% (α=0,05), artinya terdapat perbedaan hasil belajar geografi kelas X IS-1 dan kelas X IS-3 setelah diberikan perlakuan. sehingga dapat di simpulkan bahwa efektivitas penggunaan permainan monopoli sebagai media pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IS-1 di MAN 1 Kota Ternate. Kata Kunci :Permainan monopoli, Teams Games Tournament, , hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:27
Last Modified: 10 Jul 2019 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item