SURVEITINGKATKEPUASANPENGUNJUNGTERHADAP PRASARANAOBJEK WISATAPANTAI TANJUNG BIRAKABUPATENBULUKUMBA

SEYYENG, ARIAN ARISTA (2019) SURVEITINGKATKEPUASANPENGUNJUNGTERHADAP PRASARANAOBJEK WISATAPANTAI TANJUNG BIRAKABUPATENBULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARIAN ARISTA SEYYENG 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk Memperoleh gambaran mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kemampuan bekerjasama murid di SD Inpres 10/73 Watang Palakka kabupaten Bone serta Mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan bekerjasama siswa SD Inpres 10/73 Watang Palakka kabupaten Bone. Penelitian ini adalah quasiexperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI), sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan bekerjasama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kabupaten Bone yang terdiri dari 344 siswa, Sampel adalah siswa kelas Va dan Vb diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan pertimbangan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas serta belum pernah diadakan penelitian di kelas tersebut, selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langkah yang sudah ditetapkan melalui tehnik matching group kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 30 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran murid di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kabupaten Bone, secara keseluruhan untuk dua pertemuan keterlaksanaan berada pada kategori sangat baik, kemampuan bekerjasama siswa di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kabupaten Bone sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI berada dalam kategori cukup,baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Setelah diberikan perlakuan yaitu pembelajaran kooperatif tipe TAI, maka terjadi peningkatan kemampuan bekerjasama kategori sangat baik, terdapat pengaruh penerapan pembelajaran TAI terhadap kemampuan bekerjasama siswa di Inpres 10/73 Watang Palakka Kabupaten Bone. Kata Kunci: Penerapan model pembelajaran TAI, Kemampuan Bekerjasama Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Jul 2019 05:24
Last Modified: 03 Jul 2019 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item