Rais, Muhammad (2014) RANCANGAN PEMBELAJARAN DI KELAS DENGAN PEMBELAJARAN MANDIRI (Self-Regulated Learning). In: Seminar Nasional Pendidikan Vokasi: Optimalisasi Sumber Daya Pendidikan Vokasi dalam Meningkatkan Daya Saing Global, 30 Agustus 2014, Makassar, Indonesia.
|
Text
19. Pembelajaran SRL.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu konsep yang juga merupakan kunci dalam teori belajar konstruktivis adalah memiliki visi bahwa siswa sebagai seorang pebelajar yang merniliki kemampuan mengatur dirinya sendiri. Pengaturan diri (self-regulation) merupakan konstruk dari pengaturan diri dalam belajar. Self-regulation merupakan istilah psikologi yang berkaitan dengan pengaturan diri seseorang dalam bersikap, berfikir dan bertindak. Jika Self ragulation diberi kata learning dibelakangnya, maka penafsirannya menjadi pengaturan diri dalam belajar Self regulated learning. Makalah ini bermaksud menjelaskan Self regulated learning dengan menggunakan tinjauan secara teoretis dari berbagai pendapat pakar terutarna yang konsen pada self regualated learning seperti Zimmerman. Makalah ini membahas: 1) konsep pengaturan diri tingkah laku, 2) konsep pengaturan diri dalam belajar, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi self-regulated learning, dan 4) penerapan self-regulated learning dalam kurikulum pembelajaran.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Self-Regulated Learning |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Hartoto Hartoto |
Date Deposited: | 30 Jun 2019 16:16 |
Last Modified: | 30 Jun 2019 16:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13871 |
Actions (login required)
View Item |