PENGEMBANGAN "PROYEK' DALAM PROJECT-BASED LEARNING: Suatu Upaya memahami, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan Scientific Learning lmplementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Vokasional

Rais, Muhammad (2014) PENGEMBANGAN "PROYEK' DALAM PROJECT-BASED LEARNING: Suatu Upaya memahami, mengembangkan, dan menerapkan pendekatan Scientific Learning lmplementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Vokasional. In: Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke 7, 13-14 November 2014, Bandung, Indonesia.

[img]
Preview
Text
18. Pengembangan Project dalam PBL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 (K-13) sudah sampai pada tahap implementasi. Hal ini menuntut kesiapan guru untuk memahami, mengembangkan dan menerapkan secara komprehensip seluruh skenario implementasi K-13, tidak terkecuali adalah pemahaman terhadap pendekatan scientific learning. Salah satu pendekatan scientific learning yang direkomendasikan dalam K-13 adalah project-based learning. Pendekatan ini tidak mudah, menuntut pemahaman secara mendalam mulai dari tahap penggalian ide proyek, hingga penentuan proyek akhir yang akan dipilih sebagai "proyek" dalam project-based learning. Guru Sebelum memulai merencanakan proyek, sangat perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan kesuksesan dalam rancangan proyek. Project-based learning sangat kuat, menantang, dan memerlukan visi, struktur, dan pemahaman nyata dalam proses pembelajaran. Proyek yang baik tidak hanya lahir tiba-tiba, namun dihasilkan dari perencanaan yang teliti yang meliputi hasil berfikir tingkat tinggi, tepat waktu, dan manajerial. Dengan memulai dari pertanyaan dan pikiran mendasar, pebelajar akan ditingkatkan kemampuannya dalam merancang proyek, berkomunikasi dengan baik serta menanamkan pemahaman yang berarti dalam perolehan motivasi berprestasi dan hasil belajar. Dalam upaya mengembangkan "proyek" dalam project-based learning, BIE (2003) menyebutkan terdapat enam langkah yang akan membantu pebelajar memulai perencanaan proyek secara lebih efektif sekaligus sebagai kajian dalam makalah ini, yaitu: 1) mengembangkan ide proyek; 2) menentukan ruang lingkup proyek; 3) menyeleksi proyek yang layak; 4) menggabungkan hasil proyek secara bersama; 5) dikerjakan dari proyek desain yang memiliki kriteria; 6) mengkreasikan proyek dari lingkungan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan "Proyek" dalam PBL, Pendekatan Scientific Learning
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Hartoto Hartoto
Date Deposited: 30 Jun 2019 15:57
Last Modified: 30 Jun 2019 15:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item