Pengaruh Media Pembelajaran e-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo (Studi pada Materi Sifat Koligatif Larutan)

Soejana, Yusriana (2019) Pengaruh Media Pembelajaran e-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo (Studi pada Materi Sifat Koligatif Larutan). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yusriana.docx

Download (45kB)

Abstract

Yusriana Soejana. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran e-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo (Studi pada Materi Sifat Koligatif Larutan). Skripsi. Jurusan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Sudding). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo pada materi pokok sifat koligatif larutan. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XII MIPA 1 yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XII MIPA 6 dibelajarkan menggunakan model problem based learning. Hasil analisis statistik inferensial terhadap motivasi menunjukkan bahwa data motivasi belajar peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukan uji-t dengan α= 0,05 dan dk= 52, diperoleh thitung > ttabel (3,303>1,674). Perhitungan hasil belajar dari kelas eksperimen tidak terdistribusi normal dan kelas kontrol terdistribusi normal, serta kedua kelas berasal dari populasi yang homogen sehingga uji hipotesis yang digunakan yaitu uji statistik non-parametrik, Mann-Whitney dengan α= 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel (8,66 > 1,64). Dari data hasil statisitk inferensial motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran e-modul berbasis flipbook pada model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Wajo pada materi pokok sifat koligatif larutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PBL dan e-modul berbasis flipbook
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item