Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Membuat Peta Kosep Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

HS., Sharnita Dirham (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Membuat Peta Kosep Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sharnita.docx

Download (32kB)

Abstract

Sharnita Dirham HS, 2018. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Membuat Peta Kosep Peserta Didik SMA Negeri 8 Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Maryono dan Muhammad Danial). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah ”post-test only control group design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling sehingga sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model discovery learning dan model konvensional sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep. Data hasil belajar dan keterampilan membuat peta konsep yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 69,5 dan 70,33. Nilai rata-rata keterampilan membuat peta konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 67,2 dan 62 tergolong kategori cukup terampil. Hasil pengujian hipotesis untuk hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Zhitung = 8,91 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1.64. Oleh karena, Zhitung> Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. Sedangkan hasil pengujian hipotesis untuk keterampilan membuat peta konsep menggunakan uji-t diperoleh Zhitung = 1.16 dan pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel = 2,003. oleh karena itu, Zhitung< Ztabel, maka H1 ditolak dan H0 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh model dicovery learning terhadap keterampilan membuat peta konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Hasil Belajar, Peta Konsep, Larutan Penyangga.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item