. Pengaruh Media Audiovisual pada Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia)

N., Risdah Damayanti (2019) . Pengaruh Media Audiovisual pada Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Risdah.docx

Download (57kB)

Abstract

Risdah Damayanti N., 2019. Pengaruh Media Audiovisual pada Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi Pokok Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muharram dan Army Auliah). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual pada model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar pada materi pokok reaksi redoks dan sel elektrokimia. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah peserta didik 351 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas XII MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIA4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan melalui model PBL dengan media audiovisual dan kelas kontrol dibelajarkan tanpa media audiovisual pada model PBL. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian media audiovisual pada model PBL dan tanpa pemberian media audiovisual pada model PBL, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang terdiri dari soal pilihan ganda. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest peserta didik kelas eksperimen berturut-turut adalah 19,72 dan 87,78 dengan rata-rata N-Gain 0,84475 dan nilai rata-rata pretest dan posttest peserta didik kelas kontrol berturut-turut adalah 29,14 dan 83,14 dengan rata-rata N-Gain 0,75786. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data pada kelas eksperimen terdistribusi normal, sedangkan kelas kontrol tidak terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukan uji non-parametrik (uji Mann-Whitney) dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh Zhitung > Ztabel (4,659>1,64). Oleh karena itu dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh media audiovisual pada model PBL terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar pada materi pokok reaksi redoks dan sel elektrokimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, problem based learning, hasil belajar, reaksi redoks dan sel elektrokimia.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13839

Actions (login required)

View Item View Item