Pengaruh Media Chem-Card pada Model Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur

Prihatmi, Nurliza (2018) Pengaruh Media Chem-Card pada Model Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurlisa.docx

Download (30kB)

Abstract

Nurliza Prihatmi 2018. Pengaruh Media Chem-Card pada Model Pembelajaran Discovery Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Pince Salempa dan Jasri Djangi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media chem-card pada model pembelajaran Discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem periodik unsur. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Gowa semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIA3 sebagai kelompok eksperimen dan X MIA4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media chem-card pada model pembelajaran discovery dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan media chem-card pada model pembelajaran discovery. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media chem-card pada model pembelajaran discovery dan tanpa media chem-card pada model pembelajaran discovery sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran. Analisis statistik inferensial menggunakan uji mann whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media chem-card pada model pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok sistem periodik unsur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, chem-card, SPU
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13838

Actions (login required)

View Item View Item