Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website untuk Penguatan Apersepsi Peserta Didik

Amaliah, Rezky and Jasruddin, Jasruddin and Martawijaya, M. Agus (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Website untuk Penguatan Apersepsi Peserta Didik. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
49. Skripsi Rezky.docx

Download (82kB)

Abstract

Rezky Amaliah, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis Website untuk Penguatan Apersepsi Peserta Didik. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan M. Agus Martawijaya). Penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Fisika berbasis Website untuk penguatan apersepsi peserta didik yang valid dan praktis telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Dissemination) dengan menghilangkan tahap dissemination. Materi yang disajikan dalam media pembelajaran adalah materi Elastisitas Zat Padat pada kelas XI MIPA. Media pembelajaran fisika berbasis website berisi konten kearifan lokal yang dipraktekkan dalam kehidupan seharihari. Validasi produk pengembangan dilakukan oleh dua orang validator sedangkan subjek uji coba terbatas media pembelajaran fisika berbasis website adalah 32 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Selayar. Hasil analisis validasi menggunakan analisis Gregory diperoleh nilai Vc = 1, menunjukkan bahwa media pembelajaran valid dan dapat digunakan. Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan persentase rata-rata nilai respon seluruh pernyataan berada pada kategori sangat kuat dan kuat, sehingga respon dikatakan positif. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis website dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, website, apersepsi, valid, praktis.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:22
Last Modified: 02 Jul 2019 03:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item