PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PINRANG

Nur, Ayna (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NUR AYNA.docx

Download (39kB)

Abstract

NUR AYNA S. MUSTAFA, 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Risma Niswaty dan Sirajuddin Saleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran korespondensi Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling dari jumlah populasi sebanyak 228 siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik angket, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan rumus presentase yang dikemukakan oleh Sudijono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran kooperatif mata pelajaran korespondensi Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pinrang dilihat dari indikator, yaitu prinsip ketergantungan, tanggung jawab, interaksi tatap muka, partisipasi dan komunikasi termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Bahasa Inggris
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Lemlit Lemlit
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:20
Last Modified: 02 Jul 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item