PERGESERAN PERAN KERJA PEREMPUAN PEDAGANG KAKI LIMA DARI RANAH DOMESTIK KE RANAH PUBLIK DI DESA BIRA KABUPATEN BULUKUMBA

Rajab, Rofilah (2018) PERGESERAN PERAN KERJA PEREMPUAN PEDAGANG KAKI LIMA DARI RANAH DOMESTIK KE RANAH PUBLIK DI DESA BIRA KABUPATEN BULUKUMBA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
2019 FIS - ROFILAH RAJAB.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rofilah Rajab, 2018. Pergeseran Peran Perempuan Pedagang Kaki Lima Dari Ranah Domestik Ke Ranah Publik dan Dampak Sosial Ekonomi Keluarga Di Desa Bira, Bulukumba. (Di bimbing oleh Firdaus W. Suhaeb dan Ashari Ismail). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pergeseran peran kerja perempuan pedagang kaki lima dari ranah domestik ke ranah publik dan dampak sosial ekonomi terhadap keluarga di Desa Bira Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kebutuhan informan penelitian yaitu perempuan yang bekerja sebagai pedagang kaki lima yang telah berumah tangga dan memiliki anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini di analisis melalui proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pergeseran peran kerja perempuan dari ranah domestik ke ranah publik yakni walaupun dengan bertambahnya peran kerja yang dijalani sebagai pedagang kaki lima, tidak meninggalkan fungsinya sebagai seorang ibu rumah tangga. Sebelum berangkat kerja terlebih dahulu menyelesaikan tugas-tugas domestik yang sudah merupakan kewajiban. Jam kerja dari masing-masing informan berbeda-beda, ada yang pulang waktu sore, malam hari hingga bahkan menginap di tempat berdagang. Setelah kembali ke rumah melanjutkan pekerjaan domestiknya. Dampak sosial ekonomi, lebih banyak berinteraksi dengan tetangga di tempat berdagang dibanding tetangga rumah, tidak lagi dipandang sepenuhnya bergantung kepada suami, menambah pendapatan suami, mempunyai sumber daya pribadi berupa penghasilan untuk membantu membiayai pendidikan anak hingga berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:20
Last Modified: 02 Jul 2019 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item