Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MA Negeri Wajo pada Materi Pokok Asam Basa

Mukramah, Niah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MA Negeri Wajo pada Materi Pokok Asam Basa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Miah.docx

Download (123kB)

Abstract

Niah Mukramah, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MA Negeri Wajo pada Materi Pokok Asam Basa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muh Jasri Djangi dan Sumiati Side). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XIMA Negeri Wajo. Desain penelitian yang digunakan adalah “pretest-posttest design group”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA MA Negeri Wajo yang terdiri dari enam kelas, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 17 orang dan 20 orang. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dan model pembelajaran langsung sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil análisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada pretest dan posttest berturut-turut yaitu 24,5 dan 74,32 dengan rata-rata N-Gain 0,66 dan kelas control yaitu 23,3 dan 73,3 dengan rata-rata N-Gain 0,64. Hasil pengujian hipótesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung= 5,322 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,667. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA MA Negeri Wajo studi pada materi pokok asam-basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, N-Gain.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:35
Last Modified: 28 Jun 2019 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13771

Actions (login required)

View Item View Item