Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Laboratory Pra-praktikum dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Gowa

R., Mahlinda (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Laboratory Pra-praktikum dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Mahlida.docx

Download (58kB)

Abstract

Mahlinda R. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Laboratory Pra-praktikum dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 9 Gowa. Hasil Penelitian. Jurusan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Muhammad Jasri Djangi dan Muh. Yunus. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran virtual laboratory pra-praktikum dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Gowa pada materi pokok asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Gowa yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 1 yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran virtual laboratory pra-praktikum dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 5 dibelajarkan menggunakan model inkuiri terbimbing, masing-masing kelas terdiri atas 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian posttest berupa pilihan ganda sejumlah 20 item dan lembar observasi terhadap sikap dan keterampilan peserta didik. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai ratarata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 85,18 dan kelas kontrol sebesar 79,85. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa data hasil belajar peserta didik untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan berasal dari varians yang homogen, kemudian dilakukan uji-t dengan α = 0,05 dan dk = 58, diperoleh thitung > ttabel (5,99>2,00) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran virtual laboratory prapraktikum dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Gowa pada materi pokok asam basa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Virtual laboratory, inkuiri terbimbing, dan hasil belajar.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13769

Actions (login required)

View Item View Item