Pengaruh Metode Think Pair Share dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 2 Parepare

Triana, Siti Hardiyanti (2019) Pengaruh Metode Think Pair Share dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 2 Parepare. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hardianti.docx

Download (53kB)

Abstract

Siti Hardiyanti Triana, 2019. Pengaruh Metode Think Pair Share dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 2 Parepare. Skripsi. Jurusan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia ICP, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sumiati Side dan Sugiarti). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Think Pair Share dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Parepare, serta untuk mengetahui korelasi antara motivasi dan hasil belajar peserta didik Kelas XI MIA SMAN 2 Parepare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode think pair share dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing. Variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi asam basa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMAN 2 Parepare yang tersebar dalam 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 32 orang yang ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar pada materi pokok asam basa yang dianalisis menggunakan uji t untuk motivasi belajar dan uji Mann-Whitney untuk hasil belajar. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung = 1,739 pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh ttabel= 1,669. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode think pair share dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Parepare pada materi pokok asam basa. Untuk pengujian hipotesis hasil belajar Zhitung = 3,31 pada taraf signifikan, α = 0.05 diperoleh Ztabel= 1,64. Oleh karena itu, thitung>ttabel dan Zhitung>Ztabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode think pair share dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Parepare pada materi pokok asam basa. Untuk uji hipotesis korelasi motivasi dan hasil belajar diperoleh rhitung = 0,31 untuk kelas eksperimen dan rhitung = 0,55 untuk kelas kontrol, pada taraf signifikan, α = 0.05 dengan rtabel= 0,29. Oleh karena rhitung>rtabel, maka terdapat korelasi postif antara motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Parepare pada materi pokok asam basa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode think pair share, model pembelajaran inkuiri terbimbing, motivasi belajar, hasil belajar, asam basa.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

View Item View Item