PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH LUHU (Pokok Bahasan Ikatan Kimia)

Waleulu, Amalia (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH LUHU (Pokok Bahasan Ikatan Kimia). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan pretest-posttet Control Group Desain yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia peserta didik materi pokok ikatan kimia. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Muhammadiyah Luhu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas Kontrol. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskripsi diperoleh ratarata nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,85 dan kelas kontrol adalah 57,89, dengan standar deviasi masing-masing 11,77 dan 12,29. Presentase rata-rata nilai indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 83,91 berada dalam kategori tinggi dan presentase nilai indikator kelas kontrol sebesar 49,63 berada dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung 4,48 > ttabel 2,02 dan signifikansi (0,001 < 0,05), menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas X MIA SMA Muhammadiyah Luhu pada materi pokok ikatan kimia. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:05
Last Modified: 26 Jun 2019 04:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item