PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SIRKUIT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID SDN 166 TARUNCUE DESA ALENANGKA KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

Rahmawati M, A Rahmawati M and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2019) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SIRKUIT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MURID SDN 166 TARUNCUE DESA ALENANGKA KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
16. JURNAL A. RAHMAWATI.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran menjadi salah faktor utama yang menyebabkan berhasil tidaknya suatu pembelajaran, maka guru harus dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariatif, sehingga murid akan menjadi termotivasi dalam mengikuti pelajaran.Model pembelajaran sirkuit merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar murid. Penerapan pembelajaran Sirkuit merupakanupaya untuk meningkatkan motivasi belajar murid dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran Sirkuit, gambaran motivasi belajar murid, serta pengaruh penerapan pembelajaran sirkuit terhadap motivasi belajar murid . Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan membandingkan operasional persentasi kelas ekperimen dengan operasional persentasi kelas kontrol. Subjek merupakan murid kelas VI SDN 166 Taruncue Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu 1 kelas mewakili operasional persentasi kelas ekperimen yang berjumlah 20 orang murid dan 1 kelas mewakili operasional persentasi kelas kontrol yang berjumlah 21 murid. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan rumusan masalah, maka dapat disimpulkan bahwa 1) gambaran hasil penerapan pembelajaran sirkuit dalam pembelajaran IPS, sangat efisien diterapkan dalam pembelajaran serta dapat meningkatan hasil belajar murid. 2) gambaran hasil motivasi belajar murid menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar murid, dari sebelumnya berkategori cukup baik menjadi baik. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil penerapan pembelajaran Sirkuit Terhadap Motivasi belajar Murid SDN 166 Taruncue Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai yaitu terdapat perbedaan yang signifikan yaitu persentase kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang artinya pembelajaran sirkuit dalam pembelajaran IPS lebih efektif digunakan dari pada pembelajaran kontrol atau konfensional. sehingga peneliti menyarankan agar pembelajaran sirkuit dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar murid, khususnya dalam pembelajaran IPS pada tingkat Sekolah Dasar Kata Kunci : Pembelajaran Sirkuit, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:16
Last Modified: 24 Jun 2019 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item View Item