Analisis Butir Tes Ujian Sekolah Berstandar Nasional Matematika SMP

J.Tallu, Sri Marlina (2019) Analisis Butir Tes Ujian Sekolah Berstandar Nasional Matematika SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Sri Marlina.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir tes Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Matematika SMP yang digunakan di kabupaten Luwu Timur pada tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survei. Penelitian ini bersifat ex-post facto. Data dalam penelitian ini berupa : tahapan pembuatan tes USBN, kisi-kisi tes USBN, tes USBN dan lembaran hasil jawaban siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dalam bentuk dokumentasi. Teknik analisis data mengungkap karakteristik tes ; secara rasional dilakukan menggunakan model Gregory, analisis secara empirik untuk mengetahui validitas rasional dan reliabilitas tes serta analisis butir tes berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Tes USBN Matematika telah memenuhi kriteria validitas isi dan validitas internal, (ii) Tes USBN Matematika telah memenuhi unsur reliabilitas tes, (iii) Berdasarkan analisis empirik menurut Teori Klasik, untuk Tingkat Kesukaran, sebagian besar butir berada pada kategori sedang namun tidak ada butir pada kategori mudah. Daya Beda berada pada kategori baik. Kemudian Pengecoh masuk kategori berfungsi efektif. Kata Kunci : USBN, teori tes klasik, teori respon butir

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:27
Last Modified: 24 Jun 2019 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item