PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARETERHADAP KEMAMPUAN BERBAGI PADA PEMBELAJARAN IPS MURID SD INPRES 6/75 CORAWALI KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

ASTUTI, SRI (2019) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARETERHADAP KEMAMPUAN BERBAGI PADA PEMBELAJARAN IPS MURID SD INPRES 6/75 CORAWALI KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SRI ASTUTI161051404116.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran IPS dan mengetahui gambaran kemampuan berbagi dalam pembelajaran IPS serta mengetahui ada pengaruh positif dan signifikan penerapan pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berbagi dalam pembelajaran IPS pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebas adalah penerapan Pembelajaran Think Pair Share dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berbagi. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 218 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.A 30 orang tidak menggunakan penerapan pembelajaran Think Pair Share dan 30 orang menggunakan penerapan pembelajaran Think Pair Share. Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes, lembar observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran IPS pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, dan Kemampuan berbagi dalam pembelajaran IPS pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone berada pada kategori baik, serta ada pengaruh positif dan signifikan penerapan pembelajaran Think Pair Share terhadap aktivitas kemampuan berbagi dalam pembelajaran IPS pada murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Jun 2019 05:20
Last Modified: 21 Jun 2019 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item