Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending (Core) Terhadap Kemampuan Penalaran Logis Siswa Kelas X SMKN 4 Takalar

Istiqamah, Nurul (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Dan Extending (Core) Terhadap Kemampuan Penalaran Logis Siswa Kelas X SMKN 4 Takalar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NURUL ISTIQAMAH.docx

Download (33kB)

Abstract

Nurul Istiqamah, 1229542019. Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran logis siswa kelas X SMKN 4 Takalar. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2015, Harifuddin dan Mustari S. Lamada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran logis siswa kelas X SMKN 4 Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi exsperiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi seluruh kelas X SMKN 4 Takalar dan 2 kelas sebagai sampel yang berjumlah 50 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, rata-rata hasil tes akhir pada kelompok yang menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) dalam pembelajaran (kelas eksperimen) lebih besar dari pada rata-rata hasil tes akhir pada kelompok yang menggunakan metode konvensional (kelas kontrol) (86,60 > 76,20). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,697 > 2,011) yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran logis siswa kelas X SMKN 4 Takalar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, CORE, penalaran logis.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:30
Last Modified: 21 Jun 2019 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item