Penerapan Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMP Negeri 2 Pinrang

Nasar, Nasma (2016) Penerapan Metode Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMP Negeri 2 Pinrang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
NASMA NASAR_1229040040_ok.docx

Download (32kB)

Abstract

Nasma Nasar, 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Pinrang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. 2016. Pembimbing: Syahrul dan Syamsurijal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX.2 SMP Negeri 2 Pinrang dengan menerapkan metode pembelajaran Picture And Picture. Subjek penelitian berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pre-Test, Post-Test dan tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, setelah diterapkannya metode pembelajaran picture and picture , pada akhir Siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selanjutnya pada Siklus II dengan hassil refleksi Siklus I, hasil belajar siswa telah mencapai KKM dan Indikator yang telah ditetapkan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas IX.2 SMP Negeri 2 Pinrang mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Picture And Picture, Peningkatan Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:29
Last Modified: 21 Jun 2019 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13489

Actions (login required)

View Item View Item