Pemanfaatan Education Game dengan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN. 118 Inpres Matajang Kecamatan Camba, Kab.Maros Menggunakan Macromedia Flash 8.0

Madya, Andi magda (2016) Pemanfaatan Education Game dengan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN. 118 Inpres Matajang Kecamatan Camba, Kab.Maros Menggunakan Macromedia Flash 8.0. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
4. skripsi magda madya.docx

Download (18kB)

Abstract

Abstrak, A.Magda Madya, 1229542003, Pemanfaatan Education Game dengan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN. 118 Inpres Matajang Kecamatan Camba,Kab. Maros Menggunakan Macromedia Flash 8.0. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2016, Syarifuddin Kasim dan Dyah Darma A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui media pembelajaran education game dengan penggunaan metode pembelajaran resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata Pelajaran IPA di SDN. 118 Inpres Matajang Kecamatan Camba,Kab. Maros. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian mengacu pada model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus empat kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest pada awal siklus, posttest pada akhir siklus dan observasi aktivitas belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pedoman pengkategorian hasil belajar yang bersumber dari pengkategorian hasil belajar SDN. 118 Inpres Matajang. Jumlah subyek penelitian ini berjumlah 16 siswa kelas V SDN. 118 Inpres Matajang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada awal siklus sebesar 63,28 dengan ketuntasan belajar sebanyak 6 siswa dengan persentase 37,5%, rata-rata nilai hasil belajar pada akhir siklus I sebesar 75,00 dengan ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa dengan persentase sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 82,81 dengan ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa dengan persentase 87,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Education game, Metode Resitasi, Hasil Belajar.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:27
Last Modified: 21 Jun 2019 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item View Item