Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah AN-NUR NUSA BONE

Asmaniar, A Sri and Mangesa, Riana Tangkin and Massikki, Massikki (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah AN-NUR NUSA BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
3. A. Sri Asmaniar.docx

Download (32kB)

Abstract

A. Sri Asmaniar, 1229042009. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI MADRASAH ALIYAH Annur Nusa Bone. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2016. Riana T.Mangesa dan Massikki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI MADRASAH ALIYAH Annur Nusa Bone. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dalam bentuk pretest posttest control group design dengan jumlah populasi 169 orang dan 65 orang digunakan sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, tes. Uji instrumen tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas dengan KR-20. Uji prasyarat menggunakan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Penggunaan media pembelajaran menggunakan E-Learning Berbasis Moodle terdapat pengaruh pada mata pelajaran TIK kelas XI MADRASAH ALIYAH Annur Nusa Bone. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis regresi linier sederhana, hasil rhitung menunjukkan angka 0,317 yaitu lebih besar dari thitung yaitu 1,962 (0,317>1,962) yang berarti ada pengaruh penggunaan media pembelajaran menggunakan E-Learning Berbasis Moodle dalam pembelajaran. Hal tersebut juga dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil posttest siswa yang tidak menggunakan E-Learning Berbasis Moodle dalam pembelajaran yaitu 74,73 dan rata-rata nilai posttest siswa yang menggunakan E-Learning Berbasis Moodle dalam pembelajaran yaitu 88,66 dengan rentangan perbedaan yang cukup tinggi yaitu berkisar 13,93.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E- Learning Berbasis Moodle, hasil belajar siswa
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:28
Last Modified: 21 Jun 2019 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item