ANSAR., ANSAR. (2017) PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN SDM UNGGUL DAN BERKARAKTER. In: Seminar Nasional Dies 56 UNM 2017: Pendidikan Berkualitas Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitif, 8-9 July 2017, Makassar, Indonesia.
|
Text
prosiding seminar nasional dies natalis ke 56.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
PEER REVIEWER PROSIDING PENDIDIKAN BERKUALITAS MEMBANG.pdf Download (876kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Pendidikan sesungguhnya diarahkan pada satu fokus yang sama, yaitu manusia dengan seluruh aspek dan potensinya yang secara alami tumbuh dan berkembang. Pendidikan merupakan unsur terpenting untuk membangun sumber daya manusia unggul dan berkarakter. Proses pendidikan tidak selalu berasal dari pendidikan formal, pendidikan informal dan non formal pun memiliki peran yang sama untuk membentuk kepribadian, terutama anak atau peserta didik. Adanya kecenderungan bahwa pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan non formal yang selama ini berjalan terpisah satu dengan yang lainnya. Mereka tidak saling mendkung untuk peningkatan pembentukan kepribadian peserta didik. Untuk mencapai itu, sumber daya manusia yang kita miliki harus berkarakter kuat dicirikan oleh kapasitas mental yang berbeda dengan orang lain seperti keterpercayaan, ketulusan, kejujuran, keberanian, ketegasan, ketegaran, kekuatan dalam memegang prinsip, dan sifat unik lainnya yang melekat dalam dirinya. Pembentukan karakter menjadi vital dan tidak ada pilihan lagi untuk mewujudkan sumberdaya manusia unggul yang dapat menghadapi tantangan nasional, regional dan global. Kata kunci : Peran Pendidikan, Sumberdaya Manusia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 07:27 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 01:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13448 |
Actions (login required)
View Item |