EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHERTERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VSD NEGERI SAMATA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Bakri, Irnawati (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHERTERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VSD NEGERI SAMATA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal IRNAWATI BAKRI 14B14024.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatifNumber Head Together pada mata pelajaran IPS, hasil belajar, dan mengidentifikasi efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif Number Head Together terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true eksperimental design yaitu dengan pre-test-post-test control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif Number Head Together dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah keseluruhan yaitu 493 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 siswa yang terdiri dari 42 siswa kelas VA dan 38 siswa kelas VB. Instrumen pengukuran hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 24 butir soal. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Uji t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(i) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Number Head Together mengalami peningkatan pada setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar siswa, maupun hasil belajar siswa. (ii) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran IPS yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Number Head Together dan tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif Number Head Together, (iii) Penerapan model pembelajaran kooperatif Number Head Together efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kata Kunci :Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Nht, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 23:40
Last Modified: 18 Jun 2019 23:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item