PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK OLEH GURU DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI MAN 2 KOTA MAKASSAR

Harun, Hamdani (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK OLEH GURU DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI MAN 2 KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan (1) Kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik. (2) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi guru dalam menerapkan Pendekatan saintifik. (3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 2 orang guru, 2 orang peserta didik dan 1 Wakil Kepala Madrasah. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan guru PPKn dalam menerapkan pendekatan saintifik di MAN 2 Kota Makassar sangat baik ini ditandai dengan guru senantiasa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (2) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kemampuan guru PPKn untuk menerapkan pendekatan saintifik a. Faktor pendukung seperti tersedianya buku bacaan, sarana yang memadai seperti perpustakaan yang besar dan nyaman, tersedianya jaringan internet atau wifi. b. Faktor penghambat seperti jam pelajaran yang berdekatan dengan waktu shalat, karakter peserta didik yang berbeda-beda dan tidak adanya koordinasi dan anggaran untuk melakukan pelatihan bagi guru. (3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik melaksanakan worshop tiap tahun, mencarikan dan meminta guru mengikuti pelatihan-pelatihan mandiri, mengadakan supervisi untuk guru baik oleh sekolah maupun dari pengawas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan. KATA KUNCI : Penerapan Pendekatan Saintifik Oleh Guru Dalam MataPelajaran Ppkn Di Man 2 Kota Makassar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 23:30
Last Modified: 18 Jun 2019 23:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13436

Actions (login required)

View Item View Item