PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MURID KELAS IV SD INPRES 12/79 TELLANGKERE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE

IMRAN, AL (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MURID KELAS IV SD INPRES 12/79 TELLANGKERE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ALIMRAN.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran Problem Posing Di SDN Inpres 12/79 Tellangkere kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Bone? (2) Bagaimana gambaran keaktifan belajar murid Di SDN Inpres 12/79 Tellangkere kecamatan Tellulimpue Kabupaten Bone? (3) Apakah Penggunaan pembelajaran problem Posing berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar murid Di SDN Inpres 12/79 Tellangkere kecamatan Tellulimpue Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian Quasy Exprerimental Design. Pengujian variable bebas dan terikat dilakukan terhadap sampel. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial yang melipti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji T Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran pelaksanaan pembelajaran Guru menjelaskan materi pelajaran kepada para siswa. Penggunaan alat peraga untuk memperjelas konsep sangat disarankan, Guru memberikan latihan soal secukupnya. Siswa diminta mengajukan satu atau dua buah soal yang menantang, dan siswa yang bersangkutan harus mampu menyelesaikannya. Tugas ini dapat pula dilakukan secara kelompok. Pada pertemuan berikutnya, secara acak, guru menyuruh siswa untuk menyajikan soal temuannya di depan kelas. Dalam hal ini, guru dapat menentukan siswa secara selektif berdasarkan bobot soal yang diajukan oleh siswa dan Guru memberikan tugas rumah secara individual Selanjutnya Guru membimbing kesimpulan, refleksi, dan evaluasi.(2) Keaktifan belajar murid Di SDN Inpres 12/79 Tellangkere kecamatan Tellulimpue Kabupaten Bone sebelum pelaksanaan pembelajaran problem posing berada pada kategori rendah. Setelah pelaksanaan pembelajaran problem posing mengalami perubahan yang signifikan menjadi kategori tinggi. (3) Pelaksanaan pembelajaran problem posing berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar murid Di SDN Inpres 12/79 Tellangkere kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Bone. Kata Kunci : Keaktifan belajar, Problem Posing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2019 23:56
Last Modified: 12 Jun 2019 23:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13369

Actions (login required)

View Item View Item