PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MURID SD NEGERI 45 CARIGADING KEC. AWANGPONE KAB. BONE

Jumriati H, Jumriati H (2019) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MURID SD NEGERI 45 CARIGADING KEC. AWANGPONE KAB. BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaanpembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs (PRP) di SD Negeri 45 Carigading Kec. Awangpone Kab. Bone. (2) mengetahui gambaran interaksi sosial murid SD Negeri 45Carigading Kec. Awangpone Kab. Bone dan (3) mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs (PRP) berpengaruh terhadap interaksi sosial murid SD Negeri 45 Carigading Kec. Awangpone Kab. Bone. Adapun jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desaign Nonequivalent Control Group Design. Tehnik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 19 orang siswa SD Negeri 45 Carigading Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone dari populasi 102 orang siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasai SPSS 21 for windows. Dimana Hasil penelitian, menunjukkan bahwa interaksi sosial dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs sebelum perlakuan berada pada kategori rendah dan sesudah perlakuan kemampuan interaksi social anak berada pada kategori tinggi. Analisis Inferensialnya menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, practice rehearsal pairs, interaksi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Jun 2019 06:40
Last Modified: 12 Jun 2019 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item View Item