PENGARUH KESEIMBANGAN, KELINCAHAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA SMAN 10 BONE

HAKIM, HASBI (2019) PENGARUH KESEIMBANGAN, KELINCAHAN, DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA SMAN 10 BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
2. JURNAL HASBI HAKIM.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keseimbangan dan kelincahan secara langsung terhadap kemampuan menggiring bola pada permainan sepakbola. Serta untuk mengetahui pengaruh tidak langsung keseimbangan dan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola jika ditinjau dari motivasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengunakan desain analisis jalur dengan pengelolahan secara statistik mengunaka aplikasi SPSS versi 21.00 dan taraf signifikansi 0,05 atau 95%. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Bone yang berjumlah 220 siswa, dengan jumlah laki-laki 102 dan jumlah perempuan 118. Dan sampel dalam penelitian ini hanya memilih siswa berjenis kelamin laki-laki saja dengan jumlah 102, karean jumlah sampelnya besar maka peneliti hanaya mengambil 40% dari jumlah keseluruhan populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 40, teknik pengambilan sampel yaitu dengan mengunakan teknik probability sampling (simple random sampling) dengan sistem undian Hasil penelitian dari pengujian analisis regresi struktur 1 dan struktur 2 menunjukkan bahwa pengaruh langsung keseimbangan terhadap motivasi sebesar 0,432. Pengaruh langsung kelincahan terhadap motivasi sebesar -0,346. Pengaruh langsung keseimbangan terhadap kemampuan menggiring bola sebesar -0,468. Pengaruh langsung kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola 0,405. Pengaruh langsung motivasi terhadap kemampuan menggiring bola adalah -0,194. Dilihat dari nilai α 0,05 maka pengaruh langsung keseimbangan kelincahan terhadap motivasi dan keseimbangan, kelincahan, motivasi terhadap kemampuan menggiring bola diterima karena nilai signifikansi dibawah α 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jun 2019 00:06
Last Modified: 10 Jun 2019 00:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item View Item