PENGARUH KREATIVTAS GURU, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 SOPPENG

Yusdiana, Yusdiana (2019) PENGARUH KREATIVTAS GURU, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 SOPPENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kreativitas guru, lingkungan sosial dan motivasi belajarterhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 7 Soppeng Kabupaten Soppeng. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh langsung kreativitas guru terhadap prestasi belajar dan terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan kreativitas guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (2) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung yang positif yang signifikan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (3) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan kreativitas guru dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan, (4) Terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. kata kunci :prestasi belajar ekonomi, kreativitas guru, lingkungan sosial, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 May 2019 02:06
Last Modified: 27 May 2019 02:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item