PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANIMASI BERBASIS INKUIRI PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Bintang, Andi (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANIMASI BERBASIS INKUIRI PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal kimia andi bintang.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia animasi berbasis Inquiri untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi laju reaksi, mengetahui kualitas multimedia animasi, serta mengetahui respon yang diberikan baik itu peserta didik maupun dari pendidik terhadap multimedia animasi yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D), dengan tipe Model Plomp dimana Model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) tahap invesitigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi, (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi, (5) tahap implementasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan instrument angket, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan Lembar Validasi Mode. Hasil validasi isi dianalisis dengan menggunakan metode Gregory dengan menggunakan Tabulasi 2x2. Selanjutnya hasil valdasi isi diinterpretasi kelayakan multimedia animasi yang dikembangkan. Kualitas Multimedia yang dihasilkan tersebut dengan mengacu pada kriteria Nieveen yakni validitas, praktikabilitas, dan efektivitas Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli dan praktisi pendidikan serta uji coba terbatas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Mulltimedia Animasi yang dikembangkan sudah dianggap layak untuk dijadikan Media pembelajaran. Kata kunci: Multimedia Animasi, Model Plomp, Laju Reaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 May 2019 23:34
Last Modified: 22 May 2019 23:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item