ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS PADA JURUSAN AKUNTANSI

HASRIADI, HASRIADI (2019) ANALISIS KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS PADA JURUSAN AKUNTANSI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Thesis-1.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Analisis kebutuhan penting untuk dilakukan pada titik awal dalam merancang sebuah pembelajaran, khususnya untuk Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar dan kebutuhan bahasa mahasiswa program studi Akuntansi di kelas ESP dan di tempat kerja serta untuk mendesain silabus yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang menggabungkan teknik penelitian kualitatif dan kuantitatif menjadi penelitian tunggal untuk mengelolah semua instrumen secara akurat dan konsisten. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa, dosen dan alumni, sedangkan kuesioner, wawancara dan analisis dokumen diambil sebagai instrumen. Kuesioner sebagai instrumen pertama dalam penelitian ini kemudian diberikan kepada mahasiswa dan alumni yang telah bekerja. Sementara pertanyaan wawancara diajukan kepada alumni dan dosen bahasa Inggris pada jurusan akuntansi untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan rekaman audio. Sementara itu, analisis dokumen dilakukan untuk menegaskan data dari kuesioner dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase, frekuensi, diagram dan matriks kuadran untuk mengidentifikasi bahan materi bahasa inggris yang dibutuhkan mahasiswa. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa:1) Kebutuhan pembelajaran meliputi keterampilan berbahasa dan preferensi belajar. Dalam keterampilan bahasa, keterampilan berbicara lebih penting daripada yang lain dalam dalam kelas dengan kategori sangat penting. Dalam preferensi belajar, belajar mandiri, belajar dalam kelompok kecil, mendengarkan dan kemudian mengucapkan lebih disukai daripada yang lain. 2) Kebutuhan bahasa mencakup penggunaan bahasa Inggris di tempat kerja. Bahasa Inggris sering digunakan bersama bos dan rekan kerja mereka, melalui faks dan email dan itu relevan dengan keterampilan membaca dan menulis sebagai prioritas digunakan di tempat kerja. Ada lima belas topik penting dipilih bagi mahasiswa program studi akuntansi yang terkait erat dengan penggunaan bahasa Inggris di tempat kerja sebagai akuntan. 3) Silabus untuk program studi akuntansi dirancang dan dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dengan menggunakan silabus nasional. Silabus dimaksudkan untuk menyediakan bahan ajar dan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan belajar, kebutuhan bahasa dan tuntutan kurikulum dengan memberikan prioritas yang berbeda dalam pengembangan pembelajaran ESP. Kata kunci: ESP, AnalisisKebutuhan, JurusanAkuntansi, MerancangSilabus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 May 2019 06:00
Last Modified: 17 May 2019 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item