PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 9 BULUKUMBA

ASRINI, ASRINI (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 9 BULUKUMBA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 9 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dengan populasi siswa SMK Negeri 9 Bulukumba yang berjumlah 124 siswa, dengan pengambilan sampel sebanyak 15 persen atau 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dekriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan di SMK Negeri 9 Bulukumba tergolong dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata 65 dilihat dari 8 indikator yaitu: cara siswa berpakaian, penggunaan waktu belajar dan latihan, kebersihan, ketertiban, keaktifan akademik, pribadi, sosial, dan ekstrakurikuler. Untuk prestasi belajar siswa SMK Negeri 9 Bulukumba tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85 yang diperoleh dari nilai rapor. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis product moment sebesar 0,357 yang berarti tingkat hubungan dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 9 Bulukumba bengaruh positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 May 2019 03:44
Last Modified: 13 May 2019 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item View Item