Nurfitriana, Nurfitriana (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
20_JURNAL ARTIKEL.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil model pengembangan pembelajaran kooperatif mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK; (2) kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pengembangan pembelajaran kooperatif Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Soppeng. Objek uji coba lapangan dalam penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKJ 1. Tahap pengujian sistem dipilih dua validator, validasi materi dan konten yang memahami langkah-langkah pengembangan model pembelajaran kooperatif Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan model pembelajaran memiliki 5 (lima) tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan/pengkodean dan implementasi/pengujian dan evaluasi. Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok yang heterogen yang proses belajar mengajar berpusat pada siswa; (2) Model pembelajaran berada pada kategori sangat valid dan praktis, sehingga layak digunakan untuk uji coba lapangan terhadap pengguna, keefektifan model pembelajaran berada pada kategori sangat efektif sehingga layak digunakan dan memberikan manfaat bagi pengguna untuk pengelolaan serta pelaksanaan proses belajaran mengajar di SMKN 3 Soppeng. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif,ADDIE,Research and Development (R&D)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 May 2019 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 06:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13185 |
Actions (login required)
View Item |