DESKRIPSI KINERJA GURU PADA ASPEK KEGIATAN BELAJAR MATEMATIKA MENURUT KURIKULUM 2013 DI SD SWASTA PUNDARIKA

ARRUAN, YANTI (2019) DESKRIPSI KINERJA GURU PADA ASPEK KEGIATAN BELAJAR MATEMATIKA MENURUT KURIKULUM 2013 DI SD SWASTA PUNDARIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Yanti Arruan OK.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru SD pada aspek kegiatan belajar matematika menurut kurikulum 2013 dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 guru yaitu yaitu satu guru yang baru bersertifikat pada tahun 2013 bidang studi Geografi namun pada tahun 2018 sertifikat tersebut baru diakui di Sekolah Dasar dan satu guru yang sudah lama bersertifikat yaitu guru yang sudah bersertifikat sejak tahun 2008 sebagai guru kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, angket kinerja guru, dan pedoman wawancara sebagai instrument pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah-langkah yaitu: (1) menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber; (2) reduksi data; (3) membuat coding; (4) penyajian data; (5) memaparkan data; (6) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) penyusunan RPP belum lengkap dan aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh kedua subjek belum sepenuhnya sesuai dengan yang telah disusun; (ii) keterlaksanaan aktivitas 2 pembelajaran yang dilakukan oleh kedua subjek membantu proses belajar peserta didik dan memberikan bahan ajar dari yang mudah ke yang sukar; (iii) kedua subjek mengkomunikasiakan informasi baru sesuai dengan usia tingkat kemampuan belajar peserta didik (iv) kedua subjek menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam proses pembelajaran (v) kedua subjek melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan isi kurikulum dan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik (vi) kedua subjek melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi yaitu dengan menggunakan pembelajaran secara klasikal dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, (vii) kedua subjek mengelola kelas dengan efektif (viii) kedua subjek memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan berinteraksi dengan peserta didik lain (ix) kedua subjek melaksanakan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik; (x) kedua subjek belum maksimal dalam menggunakan alat bantu mengajar dan/atau audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci: kinerja, kinerja guru, pembelajaran matematika, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2019 06:37
Last Modified: 09 May 2019 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item View Item