PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR

Riskayanti, Riskayanti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS CONTEKSTUAL TEACING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel (riskayanti).pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Memperoleh gambaran penerapan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (2) Memperoleh gambaran motivasi belajar dengan model Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (3) Memperoleh gambaran hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS; (4) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Teknik analisis data diperoleh statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI berada pada kategori “baik”. (2) Gambaran motivasi belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL dapat dilihat pada data motivasi awal dan akhir peserta didik memiliki perbedaan persentase nilai kelas yang diberi perlakuan yang dalam kategori memiliki motivasi “sangat tinggi”. (3) Gambaran hasil belajar dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas VI setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL mengalami peningkatan hasil belajar. (4) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbasis CTL berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS peserta didik dengan hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Penerapan, Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Apr 2019 00:27
Last Modified: 16 Apr 2019 00:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13057

Actions (login required)

View Item View Item